PENGARUH KEPUASAN PASIEN, PERCEIVED VALUE, DAN PERCEIVED IMAGE TERHADAP LOYALITAS PASIEN PADA INSTALASI REHABILITASI MEDIK RSUD DR. R. SOSODORO DJATIKOESOEMO BOJONEGORO

  • administrator administrator
  • Meitha Rahardianty
  • Woro Utari
  • C. Sri Hartati

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan loyalitas pasien, perceived value, perceived image,
dan kepuasan pasien di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo
Bojonegoro; menganalisis besarnya pengaruh kepuasan pasien, perceived value, perceived image
secara parsial terhadap loyalitas pasien; dan menganalisis besarnya pengaruh kepuasan
pasien, perceived value, dan perceived image secara simultan terhadap loyalitas pasien Instalasi
Rehabilitasi Medik RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Jenis penelitian ini
dikategorikan sebagai explanatory research yang menggunakan pendekatan penelitian
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang berobat di Instalasi
Rehabilitasi Medik RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Adapun teknik
pengambilan sampelnya dengan menggunakan insidental sampling, yaitu siapa saja yang
secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, yang ditentukan
100 orang. Hasil penelitian menunjukkan kondisi variabel perceived value, perceived image, dan
loyalitas pasien dalam kategori baik, hanya variabel kepuasan pasien saja yang dalam kategori
cukup baik. Kepuasan pasien, perceived value, dan perceived image secara parsial masing-masing
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pasien Instalasi Rehabilitasi Medik
RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Begitu juga secara simultan, kepuasan
pasien, perceived value, dan perceived image mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap
loyalitas pasien.
Kata kunci: kepuasan pasien, perceived value, perceived image, loyalitas pasien

Diterbitkan
2019-06-27

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 4 5 6 > >>