IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN GURU SEKOLAH LUAR BIASA TUNAS

  • Errisona Mei Sandi Kokoro Learning Center
  • Indra Prasetyo Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Woro Utari Universitas Wijaya Putra Surabaya
Keywords: pengembangan keprofesian berkelanjutan, pengembangan guru, perencanaan, implementasi, hasil

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Upaya Mengembangkan Guru Sekolah Luar Biasa Tunas Mulya Surabaya. Fokus utamanya adalah perencanaan, implementasi, dan hasil pelaksanaan PKB sebagai bagian dari pengembangan guru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus, pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SLB Tunas Mulya Surabaya secara aktif mendukung dan mengimplementasikan pengembangan guru terutama dalam implementasi PKB. Perencanaan PKB dimulai dengan rapat antar staff guru dan persiapan biaya untuk mendukung pengembangan. Sedangkan dalam upaya mengembangkan guru melalui implementasi PKB pada komponen pengembangan diri guru dan karya inovatif lebih banyak direalisasikan dibanding komponen publikasi ilmiah. Hasil dari PKB Guru dapat dirasakan oleh guru, siswa, dan pihak sekolah sendiri sebagai bagian dari manajemen pengembangan guru.

Published
2023-01-06
How to Cite
Sandi, E., Prasetyo, I., & Utari, W. (2023). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN GURU SEKOLAH LUAR BIASA TUNAS. Jurnal Manajerial Bisnis, 6(1), 11-21. https://doi.org/10.37504/jmb.v6i1.476