PENGARUH BRAND TRUST, WORD OF MOUTH, DAN QUALITY SERVICE TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI CUSTOMER SATISFACTION

  • Rulliana Putri Erwantu Universitas Wijaya Putra
  • Soenarmi Soenarmi Universitas Wijaya Putra
Keywords: Brand Trust, Word Of Mouth, Quality Service, Repurchase Intention, Customer Satisfaction.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Brand Trust, Word Of Mouth dan Quality Service Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction. Metode pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 Responden pelanggan dari aplikasi Shopee. Pendekatan dari penelitian ini adalah metode pendekatan Kuantitatif. Teknik analisa data penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan program aplikasi SmartPLS 4.1.0.4 yang meliputi dari proses Perancangan Model Struktur Outer Model, Model Struktur Inner Model dan pengujian Hipotesis (Resampling Bootstrapping). Penelitian ini menunjukkan Variabel Brand Trust, Word Of Mouth dan Customer Satisfaction berpengaruh dan signifikan terhadap Repurchase Intention. Variabel Brand Trust, Word Of Mouth dan Repurchase Intention berpengaruh dan signifikan terhadap Customer Satisfaction. Karena nilai t-statistics (>1,96) dan p-value (<0,05), kecuali Quality Service tidak berpengaruh signifikan terhadap Customer Satisfaction dan Repurchase Intention.

References

Alfatah, S. A., & Irmawati. (2021). Pengaruh Ulasan Produk Dan Kepercayaan Terhadap Minat Pembelian Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen Pada Marketplace Shopee Di Surakarta. Jurnal Sistem Informasi & Manajemen, 403-417.
Amin, F. N., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Kajian Islam Kontemporere Volume 14, No 1 e-ISSN : 2776-3005, 15-31.
Ardiyansyah, M., & Abadi, M. T. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Muslim Sebagai Pemediasi. Jurnal of Business & Applied Management, Vol. XVI (No. 1) : 2023 e-ISSN : 2621-2757. 79-90.
Astuti, C. W., & Abdurrahman. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Journal of Advances in Digital Business and Entrepreneurship, Vol. 01 No.02 (2022) 33-49.
Baskara, R. F., Mardiatmi, B. D., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan . Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, Volume 2, 2021, 1645-1659.
Cahyadi, G. N. (2021). Riset : 74,5 % Konsumen Lebih Banyak Berbelanja Online Daripada Offline . Media Indonesia.
Jalee. (2023). Peran E-commerce dalam Strategi Bisnis: Inovasi di Era Digital. Perpus Teknik.
Kharisma, D., Simatupang, S., & Heriyawan, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UD. Restu Mulia Pandan. JUMANSI:JurnalIlmiahManajemendanAkuntansi Medan Volume 5 No. 1 E-ISSN : 2797-6238, 32-42.
Manurung, R. N. ., & Hadian, A. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Dalam Berbelanja Online Shopee. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 2(1), 106–118. https://doi.org/10.60036/jbm.v2i1.32
Published
2025-07-08
How to Cite
Erwantu, R., & Soenarmi, S. (2025). PENGARUH BRAND TRUST, WORD OF MOUTH, DAN QUALITY SERVICE TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI CUSTOMER SATISFACTION. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Sosial, 3(1), 1-11. Retrieved from https://jurnal.uwp.ac.id/feb/index.php/jebs/article/view/567