PENGARUH FLASH SALE, TAGLINE ”Gratis Ongkir” DAN PAYLATER TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PRODUK FASHION
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh flash sale, tagline”gratis ongkir” dan paylater terhadap impulsive buying pada produk fashion. Tenik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling dengan jumlah 50 responden. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitati. Teknik analisa data penelitian ini menggunkan metode regresi linear berganda dengan program aplikasi SPPS versi 25. dari hasil analisis data penelitian diperoleh hasil flash sale berpengaruh signifikan positif terhadap impulsive buying, tagline berpengaruh signifikan negatif terhadap impulsive buying, paylater berpengaruh signifikan positif terhadap impulsive buying, flash sale , tagline dan paylater berpengaruh secara simultan terhadap impulsive buying.
References
Ahmad Syauqi, Lubis, F. A., & Atika. (2022). Pengaruh cashback, flash sale, tagline “Gratis Ongkir” terhadap impulse buying konsumen generasi Z pada Shopee. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(4) , October. https://doi.org/10.36987/jumsi.v2i4.3122
Ahmad Syauqi, Lubis, F. A., & Atika. (2022). Pengaruh cashback, flash sale, tagline “Gratis Ongkir” terhadap impulse buying konsumen generasi Z pada Shopee. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2 (4), Oktober. https://doi.org/10.36987/jumsi.v2i4.3122
Al Fajri, M. A., Trisniarty, A. M., & Yamalay, F. (2023). Pengaruh flash sale dan tagline “Gratis Ongkir” terhadap pembelian impulsif melalui variabel intervening emosi positif pada marketplace di Kota Palembang. Jurnal Nasional Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 4 (3), September. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v4i3.1362
Andriani, F., Rahmani, N. A. B., & Aslami, N. (2023). Pengaruh tampilan produk dan gratis ongkir terhadap pembelian impulsif produk fashion dengan diskon sebagai variabel moderating (Studi kasus: Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 3(1), January 312–332. https://doi.org/10.36987/jumsi.v3i1.3769
Anggriany, J., Saputri, A. H., & Lestari, D. (2023). Pengaruh penggunaan Shopee Paylater flash sale terhadap impuls buying di kalangan mahasiswa: Studi kasus mahasiswa UINSU. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 3(2), 3151–3164.
Darwipat, D., Dermawansyah, D., Syam, A., & Marhawati, M. (2020). Pengaruh program flash sale terhadap perilaku impulsive buying konsumen marketplace. Jurnal Ekonomi, Entrepreneurship dan Ekosistem (JE3S), 1(2), 59. https://doi.org/10.26858/je3s.v1i2.18635
Databoks. (2022, September 8). Banyak konsumen lebih pilih e-commerce untuk belanja fashion. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2022/09/08/banyak-konsumen-lebih-pilih-e-commerce-untuk-belanja-fashion
Diansyah, & Putri, W. N. (2023, Desember). Pengaruh Shopee Paylater dan fasilitas member terhadap keputusan pembelian online di Shopee dengan Shopee Games sebagai pemoderasi. Media Manajemen Jasa, 11(2). https://doi.org/10.52447/mmj.v11i2.7359
Dini, N., & Rizeki. (2024). E-commerce adalah: Pengertian dan contoh e-commerce. Majoo. Retrieved March 15, 2024, from https://majoo.id/solusi/detail/ecommerce-adalah
Dude, N. Z., Isa, R. A., & Ismail, Y. L. (2022). Pengaruh penggunaan paylater dan flash sale terhadap perilaku impulse buying pada pengguna Shopee. YUME: Journal of Management, 5(3), 358–363. https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.3227
Eviana, V., & Saputra, A. J. (2022). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi minat penggunaan sistem pembayaran Pay Later. Jurnal Penelitian Administrasi Publik (JPTAM), 6(1) , April 1968–1977. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3242
Febrianti, C. R., & Sari, R. M. (2023). Transaksi online di kalangan mahasisawa: Kajian teori pertukaran sosial (Social Exchange Theory) oleh George Homans. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 2(10), September. https://doi.org/10.56799/jim.v2i10.2295
Katadata. (2024). 5 e-commerce dengan pengunjung terbanyak sepanjang 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/10/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-sepanjang-2023
Putri, M. T. (2022). Pengaruh flash sale dan tagline "Gratis Ongkir" terhadap impulsive buying pada marketplace Shopee [Skripsi, UIN Suska Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60831
Shopee. (2024). Paylater: Pengertian, keuntungan, dan tips menggunakannya. https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/apa-itu-paylater-adalah/
Sugiono. (2023). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wati, S. P. (2022, September). Pengaruh tagline gratis ongkir dan celebrity endorsement terhadap impulse buying pada pembelian produk mukenah di Shopee Pipineapple Official. [Skripsi, Universitas Widya Dharma]. http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/3048