PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BIRO JASA TRAVEL HAJI DAN UMROH PADA PT.MUSLIM AMAL FIRDAUS GRESIK

  • Thariq Ramadhan Setya Gizta Universitas Wijaya Putra
  • Yuyun Widiastuti Universitas Wijaya Putra
Keywords: Kualitas, Harga, Fasilitas, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Perjalanan spiritual ke Tanah Suci merupakan aspirasi religius bagi banyak umat Muslim di Indonesia. Namun, praktik penipuan yang dilakukan oleh perusahaan memiliki dampak yang besar bagi jama’ah. Sering kali kualitas layanan yang kurang memuaskan menjadi kendala bagi jama’ah. Dilakukan penelitian untuk mendeskripsikan secara empiris pengaruh tiga variabel terhadap kepuasaan perjalanan jama’ah umrah. Pendekatan menggunakan nonprobability sampling dengan dilakukannya survei pada 100 jama’ah PT.Muslim Amalan Firdaus Gresik, hasil analisis ada interaksi berpengaruhnya biaya yang dikeluarkan, fasilitas yang diterima, dan bagaimana pihak jasa memberikan pelayanan dengan rasa puas jama’ah dengan nilai signifikansi tidak sampai melampaui taraf alpha.

References

Abbas, G. A., A. Syathir Sofyan, & Muslihati, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami, Fasilitas dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jamaah Umroh PT. Tazkiyah Global Mandiri Makassar. Madinah: Jurnal Studi Islam, 10(2), 283–297. https://doi.org/10.58518/madinah.v10i2.1996
Arni, P Dan Rahma, W. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Kewajaran Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cinderella School Of English For Children DiBandung. JIMM Unikom, 62-75.
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 3(1), 1-17.
Basu Swastha. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.
Chulaifi, M. I., & Setyowati, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Travel Umrah Dan Haji Pada Pt. Sebariz Warna Berkah Di Surabaya. Jurnal Hasil Penelitian LPPM Untag Surabaya, 3(1), 40–54. jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jhp17
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gitosudarmo, I. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua, Cetakan Keenam. Penerbit: BPFE,Yogyakarta.
Hikam, M., & Mukhsin, M. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Syakirasya Wisata Mandiri. Natuja: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 16–26.
Irawan, H. (2021). Membedah strategi Kepuasan pelanggan. Gramedia: Jakarta.
Isnaini, S. (2018). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus Pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Andini Jombang. BIMA: Journal of Business and Innovation Management, 1(1), 69–81.
Kamila, N., & Wardhana, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Setelah Layanan Haji dan Umrah Dibuka Kembali Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus: Ebad Wisata Tour and Travel Surabaya). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(1), 548–565. https://doi.org/10.35931/aq.v17i1.1431
Kotler, P. (2019). Marketing. Jilid 1, Terjemahan Herujan Purwoko. Jakarta :Erlangga.
Kotler, P. dan Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. PT Prehallindo: Jakarta.
Martono, Arwin, Yuliana, Lisa, & Hutabarat, F. A. M. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus pada Pengangkutan TS Medan. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi (SENSASI), 411–415. http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sensasi/issue/archivePage|411
Nada, S. (2024). Analisis Pengaruh Gelar Haji Terhadap Status Sosial Di Komunitas Muslim. Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah, 7(3). https://doi.org/10.3783/tashdiqv2i9.2461
Rutjuhan, A., & Ismunandar, I. (2020). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan : Studi Kasus Mahfoed Life Gym. Pamator Journal, 13(1), 105–109. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.7015
Schiffman, L. G. & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior Edisi 11 GlobalEdition . England: Pearson Education Limited.
Siregar, A. I., & Mappadeceng, R. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Harga dan Kemudahan terhadap Kepuasan Jemaah pada Biro Perjalanan Haji dan Umrah Kota Jambi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 249. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.168
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto. (2010). Manajemen di sekolah. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Zamzam, N. A. N., & Jatmiko, U. (2019). Persepsi Jamaah Mengenai Fasilitas dan Biaya dalam Memilih Jasa Umroh. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 3(2), 68–75. https://doi.org/10.30741/adv.v3i2.470
Published
2025-07-29
How to Cite
Gizta, T., & Widiastuti, Y. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BIRO JASA TRAVEL HAJI DAN UMROH PADA PT.MUSLIM AMAL FIRDAUS GRESIK. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Sosial, 3(1), 138-150. Retrieved from https://jurnal.uwp.ac.id/feb/index.php/jebs/article/view/618