PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN PERATURAN PRESIDEN RI NOMOR 76 TAHUN 2013 DI KABUPATEN SLEMAN
Abstract
Penelitian dengan judul Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 76 Tahun 2013 Di Kabupaten Sleman dilakukan dengan maksud untuk mengetahui pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 yang mengatur kewajiban instansi pemerintah dalam mengelola aduan/laporan masyarakat terkait pelayanan publik yang diterianya. Penelitian ini mengangkat permasalahan apakah pelaksanaan pengelolaan pengaduan pelayanan publik di Kabupaten Sleman sudah sesuai dengan ketentuan Peraturan Presiden RI Nomor 76 Tahun 2013 dan Apa kendala yang dihadapi Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman dalam melakukan pengelolaan pengaduan masyarakat ? Jenis penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan pendekatan sosiologis dan analisis dilakukan secara diskriptif kualitatif sedangkan data yang dipergunkan yaitu data primer dan data sekunder. Adapun kesimpulan hasil penelitian di Dinas KOMINFO dan Dinas DUKCAPIL Kabupaten Sleman bahwa pelaksanaan pengelolaan pengaduan pelayanan publik yang dilakukan sudah sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013, dalam menyelesaikan atau menindaklanjuti aduan /laporan masyarakat tidak menghadapi kendala apapun dengan tingkat prosentase penyelesaian mencapai lebih dari 90% . Kendala justru terjadi pada saat mengakses aplikasi SP4N-LAPOR! yang sering error, sulit diakses atau kalau bisa diakses lambat dan loadingnya juga lambat, sehingga memperlambat proses penyeleasian atau menindaklanjuti aduan atau laporan masyarakat.
References
Buku :
Muhammad, Afandi. Nur. Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta, 2018.
Makalah / Artikel / Prosiding :
Aryati, Ningsih. “Implementasi SP4N Lapor Dalam Pelayanan Pengaduan Masyarakat Di Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sumawesi Selatan,” 2002, 1–12.
Desrinelti, Desrinelti, Maghfirah Afifah, and Nurhizrah Gistituati. “Desrinelti, 2021.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 6, no. 1 (2021): 83.
Ramadhan, Ruslan. “In Konsep Good Governance Dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur.” Saraq Opat: Jurnal Administrasi Publik 6, no. 1 (2024): 55–67. https://doi.org/10.55542/saraqopat.v6i1.328.
Sabeni, Hiasinta, and Emei Dwinanarhati Setiamandani. “Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik.” JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 9, no. 1 (2020): 43–52. https://doi.org/10.33366/jisip.v9i1.2214.
Santoso, Cuher, and Sri Suwitri. “Manajemen Pengaduan Masyarakat Di Pusat Pengelolaan Pengaduan Masyarakat (P3M) Kota Semarang.” Journal of Public Policy and Management Review 7, no. 1 (2017): 39–53. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/19022.
Terkini Berita. “Penggunaan SP4N-LAPOR ! Tingkatkan Pelayanan Publik Berkualitas,” no. October (2024).
Wibowo, Agusta Ari, and Indra Kertati. “Reformasi Birokrasi Dan Pelayanan Publik.” Public Service and Governance Journal 3, no. 01 (2022): 01. https://doi.org/10.56444/psgj.v3i01.2785.
Sutmasa, Yosep Gede. “Memastikan Efektivitas Implementasi Kebijakan Publik.” Jurnal Ilmiah Cakrawarti 4, no. 1 (2021): 25–36. https://doi.org/10.47532/jic.v4i1.242.
Internet :
Kominfo, Posted by. “EVALUASI AKHIR PENGEMBANGAN SP4N-LAPOR!, UNDP KUNJUNGI KABUPATEN SLEMAN.” Accessed June 17, 2024. https://kominfo.slemankab.go.id/evaluasi-akhir-pengembangan-sp4n-lapor-undp-kunjungi-kabupaten-sleman/
Peraturan Perundang-Undangan :
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik;
Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik;
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Road Map Pengembangan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional;
Peraturan Bupati Sleman Nomor Nomor 19 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik;
Peraturan Bupati Sleman Nomor 1.1 Tahun 2018 Tentang Masterplan Smartcity;
Peraturan Bupati Sleman Nomor 52 Tahun 2021 Tentang Rencana Aksi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten Sleman Tahun 2021-2024.