Peningkatan Kompetensi Siswa SMA/SMK Melalui Pelatihan Dan Pengenalan Teknologi Industri

  • M Hasan Abdullah Universitas Wijaya Putra
  • Ong Andre Wahju Rijanto Universitas Wijaya Putra
  • Krisnadi Hariyanto Universitas Wijaya Putra
  • Subaderi Subaderi Universitas Wijaya Putra
  • Onny Purnamayudhia Universitas Wijaya Putra
  • Ampar Jaya Suwondo Universitas Wijaya Putra
  • Astria Hindratmo Universitas Wijaya Putra
  • Chendrasari Wahyu Octavia Universitas Wijaya Putra
  • Fitriya Gemala Dewi Universitas Wijaya Putra
Keywords: kompetensi, pelatihan, industri, teknologi

Abstract

Dunia usaha dan dunia industri (DUDI) terus mengalami perkembangan teknologi dengan cepat. Perubahan tersebut perlu diimbangi dengan kompetensi tenaga kerja agar sesuai dengan kebutuhan industri. Penguasaan teknologi juga menjadi keharusan bagi siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang memilih masuk ke dunia industri ketika lulus. Program pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk memberikan wawasan penerapan teknologi di industri dan  beberapa kompetensi yang dibutuhkan bagi calon tenaga kerja. Peserta dari siswa SMA dan SMK mendapat pelatihan terkait penggunaan alat uji dan ukur yang sering digunakan di industri serta cara kalibrasinya. Peserta juga diberikan pelatihan bagaimana merakit dan menggunakan komponen untuk pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Program ini diselenggaran oleh Fakultas Teknik, Universitas Wijaya Putra. Pelatihan diberikan oleh Dosen dan Praktisi dari program studi Teknik Industri, Teknik Mesin dan Informatika. Peserta juga diberikan pengetahuan penerapan teknologi tepat guna (TTG) melalui pameran teknologi hasil karya mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik.

References

Sulistyanto, F. Mutohhari, A. Kurniawan und D. Ratnawati, „Kebutuhan kompetensi di era revolusi industri 4.0: review perspektif pendidikan vokasional,“ Jurnal Taman Vokasi, Bd. 9, Nr. 1, pp. 25-35, 2021.

A. S. Dewi, D. Amalia und A. Hidayat, „Implementasi Manajemen Pembelajaran Teaching Factory dalam Mengimplentasi Kewirausahaan SMK,“ Jurnal Pendidikan Tambusai, Bd. 7, Nr. 2, pp. 13003-13011, 2023.

H. Sutanto, S. Siregar und Yayat, „Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Lulusan yang Dibutuhkan di Industri dengan Hasil Belajar,“ Journal of Mechanical Engineering Education, Bd. 3, Nr. 1, pp. 66-72, 2016.

I. R. Padya, D. R. Erika und A. Syaputra, „Sosialisasi Pengenalan Industri 4.0 pada Bidang Teknologi Pertanian untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kota Pagar Alam,“ Jurnal Pengabdian pada Masyarakat METHABDI, Bd. 3, Nr. 1, pp. 49-53, 2023.

O. A. M. H. Purnamayudhia, A. Hindratmo und C. W. Octavia, „PENINGKATAN KOMPETENSI MENGGAMBAR TEKNIK SISWA SMK-SMA DENGAN AUTOCAD DI SURABAYA-GRESIK,“ Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Teknologi (DIMASTEK), Bd. 2, Nr. 1, pp. 84-90, 2023.

C. Wagonhurst, Developing effective training programs, New York: (Educational Update), J. Res. Adm., pp. 77–83, 2002.

Published
2024-04-28
Section
Articles