Penerapan Lean Manufacturing dengan Metode Value Stream Mapping (VSM) untuk Meningkatkan Produktifitas (Studi Kasus: PT. XYZ)

  • Noviyana Noviyana Universitas Wijaya Putra
  • M. Hasan Abdullah Universitas Wijaya Putra
  • Ampar Jaya Suwondo Universitas Wijaya Putra
  • Ong Andre Wahyu Riyanto Universitas Wijaya Putra

Abstract

PT. XYZ mengalami masalah dalam hal efisiensi dan efektivitas produksi, yang dapat berdampak pada kualitas produk dan kepuasan pelanggan. PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi speaker. Assembly Line 1 merupakan unit yang memproduksi salah satu komponen yang terdiri dari beberapa work station dimana terjadi waste. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi waste dan meningkatkan produktivitas dengan pendekatan Lean Manufacturing dan metode Value Stream Mapping (VSM) sebagai tool. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian akan ditunjukkan melalui analisis sebelum dan setelah penerapan Lean Manufacturing. Sehingga akan terlihat hasil peningkatan produktifitas yang diharapkan. Adapun Manufacturing Lead Time aktual sebesar 14.415 detik, setara dengan 4 jam dan Process Cycle Efficiency aktual sebesar 30,35 %. Setelah dilakukan perbaikan nilai Manufacturing Lead Time mengalami penurunan menjadi 9.875 detik setara dengan 2,75 jam dan Process Cycle Efficiency mengalami peningkatan menjadi 44,30 %.

References

Askari, M., & Supriyanto, H. H. (2012). Implementasi Lean Manufacturing di PT. X. Jurnal Teknik Pomits, 1-5.

Istiranto, E. (2017). Analisis Perbandingan Keseimbangan Lintasan Produksi Painting Soundboard GP dengan Pendekatan Matematik dan Heuristik Studi Kasusdi PT Yamaha Indonesia. Yogyakarta: UII.

Utama, D. M., Dewi, S. K., & Mawarti, V. I. (2016). Identifikasi Waste Pada Proses Produksi Key Set Clarinet Dengan Pendekatan Lean Manufacturing. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 15(1), 36-46.

Suhendi., Dorina Hetharia, dan Iveline Anne Marie. (2018). Perancangan Model Lean Manufacturing untuk Mereduksi Biaya dan Meningkatkan Customer Perceived Value. Jakarta: Universitas Trisakti.

Gaspersz, V. (2012). All-in-one Management Toolbook.Cetakan Pertama. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Lian, Y., & Landeghem, H. V. (2007). Analysing the effects of Lean manufacturing using a value stream mapping-based simulation generator. International Journal of Production Research, 45.13 (2007): 3037-3058.

Fernando, Y. C., & Noya, S. (2014). Optimasi lini produksi dengan value stream mapping dan value stream analysis tools. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 125-133.

Liker, J., & Meier, D. (2006). Toyota way fieldbook. McGraw-Hill Education.

Tyagi, S. (2015). Value Stream Mapping to Reduce the Lead time of a Product. International Journal of Production Economics, 202-212.

Seth, D., & Gupta, V. (2005). Application of Value Stream Mapping for Lean Operations and Cycle time Reduction. an Indian Case Study, 44-59.

Tilak, M. (2010). Value stream mapping: A review and comparative analysis of recent applications. IIe Annual Conference, 1-6.

Published
2024-04-28
Section
Articles