ANALISIS KEPUASAN PASIEN DI KLINIK HJ. TARPIANIE SIDOARJO

  • administrator administrator
  • Elizabeth Murniaty
  • C. Sri Hartati
  • Gurendro Putro

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan, kepuasan pasien,
hambatan yang dihadapi oleh Klinik Hj. Tarpianie Sidoarjo dalam mewujudkan kepuasan
pasien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk menganalisis kepuasan pasien di
Klinik Hj. Tarpianie Sidoarjo. Data primer diperoleh dari wawancara mendalam terhadap
pasien, dokter, perawat, petugas administrasi, dan pemilik Klinik Hj. Tarpianie Sidoarjo.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahuai bahwa pertama, kualitas pelayanan secara
keseluruhan sudah cukup baik penilaian ini didasarkan pada dari kelima indikator kualitas
pelayanan hanya satu indikator yang mendapat penialaian kurang baik, sedangkan sisanya
mendapatkan penilain baik, cukup baik, dan sangat baik. Kedua, kepuasan pasien dalam
menerima layanan kesehatan di Klinik Hj Tarpiane juga dinilai sudah memuaskan.
Kesimpulan ini didasarkan kepada dari 3 inikator tentang kepuasan pasien. Ketiga hambatan
yang dimiliki oleh pihak Klinik adalah sebagai berikut, (1) Manajemen tidak mampu
memamami keinginan pasien, (2) Pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan spesifikasi
kompetensi (3) SDM yang masih kurang lengkap kompetensinya, (4) Komunikasi petugas
kesehatan yang tidak sesuai harapan pasien. (5) Antrian panjang dan lama yang tidak sesuai
dengan harapan pasien.
Kata kunci: kepuasan pasien, kualitas pelayanan

Diterbitkan
2019-03-19

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 > >>